Jumat, 20 April 2012

MENGANAL PROTOZOA

     
 Protozoa (Yunani "Proto" =Pertama dan "Zoon" Berarti hewan) adalah hewan bersel satu yang hidup sendiri atau berkoloni (berkelompok). Tiap protozoa merupakan kesatuan lengkap yang sanggup melakukan semuafungsi kehidupan. Cara Hidup Protozoa adalah bersifat heterotrof. sebagian besar protozoa hidup bebas di alam, Tetapi beberapa jenis protozoa hidup sebagai parasit manusia atau binatang. Semua protozoa memerlukan kelembaban yang tinggi pada habitatnya. Ukuran protozoa sangat kecil dari yang hanya berukuran beberapa mikron sampai yang 40 mikron. bentuknya ada yang bulat, lonjong, simetris, atau ada yang tidak teratur.
     Ada lebih dari 64.000 spesiaes protozoa telah di kenal, dan10.000 di antaranya adalah bersifat parasit. Dari 10.000 spesies hanya beberapa saja yang dapat menimbulkan penyakit pada manusia, tapi spesies itu sangat berbahaya bagi manusia.
     Dalam hidupnya, protozoa mempunyai 2 stadium kehidupan, yakni : 1) stadium vegetatif (atau stadium tropozoit = makan), dan 2) stadium kista (atau stadium cyst = kantong) yang tidak aktif.
     Protozoa yang patogen dapat merugikan hospes dengan cara berkembang biak, menyerang, merusak sel, serta dengan pengaruh toksin yang di milikinya. Penularan penyakit akibat infeksi protozoa dari hospes ke hospes lainnya secara langsung atau melalui makan atau air yang tercemar. Penularan penyakit terjadi pada saat protozoa hidup dalambentuk stadium kista atau dalam bentuk tropozoit.


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar