Jumat, 13 April 2012

fisiologi peredaran darah

   Fungsi utama peredaran darah adalah menyalurkan oksigen (o2) dan zat-zat gizi lain yang di butuhkan untuk metabolisme ke jaringan dan organ .
darah yang miskin yang banyak mengandung karbondioksida (co2) di kenal sebagai darah kotor mengalir melalui vena cava ( pembuluh darah balik)  masuk kembali ke jantung melalui atrium kanan dan mengalir turun ke ventrikel kanan laju darah di alirkan ( di pompakan )  oleh ventrikel kanan melaui pulmonalis  menuju paru-paru.
di paru-paru darah akan melepaskan co2 dan menyerap 02 .
darah yang telah kaya akan oksigen atau darah bersih akan di alirkan kembali ke jantung melalui vena pulmobnalis menuju atrium kiri lalu ke ventrikel kiri.
dari ventrikel kiri darah di pompakan ke seluruh tubuh melaui aorta .
lalu di alirkan ke arteri sampai akhirnyah ke pembuluh darah yang terkecil yaituh kapiler ke seluruh tubuh.
dari kapiler darah akan masuk ke dalam pembuluh darah venula lalu dilaanjutkan ke vena dan akhirnyah kembali lagi ke atrium kanan jantung.
   banyaaknya darah yang dipompakan jantung ke pembuluh arteri setiap menit disebut volume-menit si (cardiac output) yang pada orang kondisi istirahat berkisar 5 liter/menit dengan frekuwensi  denyut jantung rata-rata 70-80 kali/menit.
tapi pda kondisi bergerak atau berolahraga frekuwensi denyut jantung meningkat sehingga menjadi 150 kali/menit yang artinya dipompakan jantung menjadi lebih banyak 20-25 liter/menit.
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar