Senin, 16 April 2012

CARA PENULARAAN PENYAKIT TBC

                                        CARA PENULARAN PENYAKIT TBC
penyakit tbc biasanyah menular melalui udara yang tercemar dengan bakteri TBC yang di lepaskn pada sa'at penderita TBC batuk.
bakteri ini bila sering masuk dan berkumpul di dalam paru-paru akan berkembang biak menjadi banyak ( terutama pada orang dengan daya tubuh yang rendah ), dan dapat menyebar melalui pembuluh darah atau kelenjar getah bening.
oleh sebab itulah infeksi TBC  dapat menginfeksi hampir seluruh organ  tubuh seperti: paru-paru , otak, ginjal, aluran pencemaran, tulang, kelenjar getah bening, dan lain-lain, meskipun demikian organ tubuh yang paling sering terkena adalah paru-paru.
    bila orang telah  terinfeksi bakteri TBC maka dapat timbul keluhan-keluhan antara lain; batuk(bahkan sampai batuk darah), sesak nafas, demam, dan berat baadan menurun.
meningkatnya penularan infeksi yang telah dilaporkan saat ini, banyak dihubungkan dengan beberapa keadaan, antara lain memburuknya kondisi sosial ekonomi, belum optimalnya fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat.
disamping itu daya tahan tubuh yang lemah/menurun, patogenitas dan jumlah kuman merupakn faktor yang  memegang peranan penting dalam terjadinya infeksi TBC.
           untuk mencegah terserang TBC yang parah, maka bagi anak-anak yang berusia 1 tahun diberikan imunisasi, yakni dengan memberikan vaksin, BCG( bacillus calmette guerin).Vaksin sendiri berisi cairan injeksi yang mengandung kuman yang telah di lemahkan  atau di lumpuhkan .
dengan diberikan vaksinsi BCG maka di harapkan berbangun sistem ketahan tubuh (imunitas) terhadap penyakit TBC.
       DAHULU , sangat sulit untuk menyembuhkan penyakit TBC karena belum ditemukan obat yang dapat memusnahkan bakteri TBC yang bersifat ulet ini.
      

       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar