Jumat, 20 April 2012

ANTHELMINTIKA

PENDAHULUAN
           Penyakit akibat infeksi oleh cacing termasuk penyakit rakyat yang umum di Indonesia, dan pada saat inimasih banyak anak-anak indonesia yang menderita infeksi cacing sehingga pemerintah  perlu melakukan tindakan yang lebih aktif untuk mencegah penularan penyakit infeksi cacing terutama pada anak-anak usia sekolah.
          Penularan penyakit cacing terutama lewat mulut, meskipun ada juga yang melalui luka di kulit. Larva dan telur cacing ada dimana-mana di atas permukaan tanah, terutama apabila sistem pembuangan kotoran tidak memenuhi syarat kebersihan yang layak.
          Gejala infeksi cacing kadangkala tidak terlihat nyata, umumnya keluhan berupa gangguan lambung usus, seperti mules, nafsu makan menurun, pucat (anemia).
          Agar kita dapat terhindar dari infeksi cacing sebaiknya kita melakukan hal-hal seperti : menjaga kebersihan baik tubuh  dan makanan, mengkonsumsi makanan yang telah di masak dengan benar, mencuci tangan sebelum makan.
         Antelmintika atau obat cacing ialah obat yang digunakanuntuk memberantas atau mengurangi cacing yang berada dalam lumen, atau usus atau jaringan tubuh.
         ada obat cacing yang efektif hanya terhadap satu macam jenis cacing, sehingga diperlukan diagnosis tepat sebelum menggunakan obat tersebut. Kebanyakan obat cacing diberikan bersama pencahar (laxantiva). Obat cacing generasi terbaru umumnyalebih aman dan efektif dibanding dengan yang lama, efektif untuk beberapa macam cacing, rasanya tidak mengganggu, pemberiannya tidak memerlukan pencahar dan beberapa dapat diberikan secara oral sebagai dosis tunggal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar